Barcode Printer

Untitled-1

Barcode printer pada umumnya adalah printer dengan teknologi thermal atau pemanasan. Apabila anda pernah menggunakan mesin ATM bank, maka sistem pencetakan label barcode juga sama seperti itu. Tulisan yang tercetak pada kertas ATM bank terbentuk dari pemanasan. (Catatan: Ada beberapa ATM kuno yang belum menggunakan teknologi thermal. Anda bisa mengenalinya demikian: pada saat mencetak struk, jika ATM mengeluarkan suara berderik kasar, maka mesin ATM tersebut belum menggunakan teknologi thermal). Jika anda ingin mengetahui cara kerja pemanasan tadi, cobalah meletakkan api dari korek api kira-kita 5cm dibawah kertas struk ATM. Maka kertas tadi akan cepat menjadi hitam. (Tentunya kertas biasa pun lama-lama akan menjadi hitam, namun reaksinya tidak secepat kertas thermal).

Printer barcode dengan jenis yang dibicarakan di atas adalah printer dengan teknologi direct thermal. Artinya kertas atau bahan dipanaskan langsung oleh thermal head (bagian pemanas) dari printer. Kelemahan jenis direct thermal ini adalah bahwa hasil cetak mudah pudar atau rusak, karena terpengaruh suhu.

Cara kerja kedua disebut dengan thermal transfer. Teknologi ini juga digunakan oleh alat cetak atau printer foto profesional. Intinya pada printer ini selain menggunakan kertas, juga menggunakan media yang disebut ribbon. Ribbon inilah yang dipanaskan, sehingga warna dari ribbon akan lengket (transfer) ke kertas atau media. Hasil cetaknya jelas sudah tidak terpengaruh suhu, karena prinsipnya adalah pelengketan dengan panas.

Yang membedakan printer barcode dengan printer biasa juga adalah jenis packing kertas. Kalau printer pada umumnya menggunakan sistem lembaran (flat paper), printer barcode memakai sistem roll paper (kertas bergulung). Mungkin anda bertanya mengapa dengan roll paper? Misalnya jika anda hanya ingin mencetak 5 buah label barcode dengan ukuran stiker 2cm x 3cm, bayangkan jika anda memakai sistem paper A4. Akan banyak sekali kertas yang dibuang. Namun demikian, karena harga printer barcode masih relatif mahal, banyak orang tetap menggunakan printer biasa. Jika ini adalah pilihan anda, gunakanlah printer laser.

Indie Software sebagai pengembang dan penyedia jasa pembuatan aplikasi desktop dan pembuatan aplikasi web, khususnya aplikasi Sistem Informasi Barang Retail menyediakan Barcode Printer untuk dijual kepada anda yang ingin membuka toko retail seperti mini market, swalayan, toserba, dll, atau bisnis (usaha) yang lain. Produk kami di antaranya adalah :

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami Telp : 0274-918-8652 / HP : 0812-1652-1960. Kunjungi Web Utama Kami www.indieprogram.com

Tinggalkan komentar